Selasa, 04 Oktober 2011

Mie Pangsit Wong Deso Rasa Kota

Foto : Ilustrasi
Detikfood - Kalau mendengar nama 'Pondok Bambu' memang yang terlintas pastilah sebuah lembaga pemasyarakatan yang ada di Jakarta. Tetapi, pondok bambu yang satu ini adalah sebuah warung makan yang terletak di Sragen. Menu andalannya mi pangsit yang murah lagi enak rasanya!

Pondok Bambu yang satu ini adalah sebuah warung mie pangsit. Lokasinya ada di Sragen, sebuah kabupaten di daerah Jawa Tengah, sekitar 26 km dari kota solo ke arah timur. Kelebihan dari warung Mie Pangsit Pondok Bambu adalah minya yang dibuat sendiri oleh pemiliknya. Setiap pagi, sang pemilik Ibu Stella selalu menggiling mie dibantu oleh suaminya.

Ibu Stella rata-rata bisa menggiling sampai 4 kilo terigu di hari biasa dan 6 kilo di hari-hari tertentu, misalnya hari libur bersama atau saat libur kuliah. Maklum kebanyakkan pelanggan warung mi ini sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa kuliahan.

Topping mie disini adalah ayam suwir halus dan disajikan dengan kuah terpisah. Dan setahu saya, mie buatan sendiri ini adalah mie pertama di kota ini karena di Sragen hampir semua adalah pedagang mie ayam dengan kuah kecap alias mie gerobak. Pantas saja mie ini laris manis dan selalu penuh di jam makan siang, karena merupakan makanan yang berbeda dan yang pasti enakkk maknyuss!

Menu yang disajikan tidak jauh berbeda dengan warung mie lain. Mie Pangsit yang bisa ditambah dengan pangsit rebus, bakso atau jamur. Tersedia juga Mie Pelangi, mie yang terbuat dari campuran sayur-sayuran seperti wortel, bayam dan bit. Ada juga Mie Mangkok, yaitu mie yang disajikan dengan pangsit goreng berbentuk mangkok. Unik kan?

Menu special lainnya yang ada di warung ini adalah PangTiauw, yaitu kreasi dari sang pemilik warung ini. Hidangan tersebut berupa kulit pangsit yang dimasak bersama telur. Dinikmati saat panas dengan sambal rawit , hmmm dijamin slurrppp... enak rasanya!

Harga-nya juga tidak terlalu mahal untuk ukuran kota kabupaten dan kantong anak sekolah. Cukup merogoh Rp 5000,00 saja untuk 1 porsi mie pangsit biasa ukuran kecil. Walaupun porsi kecil, tapi porsinya cukup mengenyangkan loh. Harga termahalnya hanya Rp 12.000,00 untuk mie komplit ukuran jumbo. Cukup murah kan?

Oh ya, di warung ini, disediakan juga HotSpot sehingga pembeli bisa mengakses internet sambil menunggu pesanannya datang. Kecepatannya, lumayan lah buat buka Facebook hehe... Sayangnya mie ini hanya tersedia dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Sering juga tutup lebih awal karena sang pedagang sudah kehabisan stok mi.

Jadi, rasanya tidak ada salahnya Anda mampir ke warung ini jika sedang di kota Solo atau melewati kota Sragen. Apalagi lokasinya juga mudah dicari, Dari Poltas ke utara, gang ke tiga, ke barat. Dijamin, mie yang disajikan tidak kalah lezatnya dengan mie yang ada di kota besar. Selamat mencoba ya!

Mie Pangsit Pondok Bambu
Jl. Urip Sumoharjo 100, TalangRejo
Sragen, Jawa Tengah
Jam buka: 10.00 – 17.00 wib

Sumber : Detikfood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar