Selasa, 04 Oktober 2011

Game Brutal Bantu Kurangi Kejahatan?

Ilustrasi
Detikinet.com - Sebuah laporan mematahkan anggapan bahwa selama ini video game kekerasan memunculkan sifat agresif yang memicu perilaku kriminal. Laporan berikut justru menyebutkan bahwa video game brutal justru mengurangi angka kriminalitas.

Adalah laporan yang berjudul "Understanding the Effects of Violent Video Games on Violent Crime" yang menunjukkan bahwa tidak ada bukti bahwa video game brutal menyebaban kekerasan di masyarakat.


"Memang ada bukti bahwa video game yang mengandung kekerasan menyebabkan sifat agresif di dalam laboratory setting, namun tidak ada bukti bahwa mereka menyebabkan kekerasan di lingkungan masyarakat," demikian pernyataan yang ada di laporan itu seperti yang dikutip detikINET dari RegHardware, Selasa (4/10/2011).

Alasan di balik pernyataan tersebut ialah bahwa para gamer terlalu sibuk nge-game sehingga bisa dikatakan mereka tidak sempat melakukan huru hara di dunia nyata. Laporan itu mengatakan bahwa apabila waktu yang diluangkan untuk bermain game diperhitungkan, maka bisa dilihat bahwa angka kriminalitas akan berkurang.

Oleh karena itulah mereka juga sampai pada kesimpulan yakni pemblokiran terhadap game-game tertentu justru bisa menyebabkan naiknya aktivitas kriminal.

Laporan ini dibuat oleh Benjamin Engelstätter dari Centre for European Economic Research, Scott Cunningham dari Baylor University di Texas dan Michael Ward dari University of Texas.

Sumber : Detikinet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar