Kamis, 29 September 2011

Gunung Ciremai Dilalap Kebakaran Hutan

Detiknews/ Kuningan - Sekitar 10 hektar kawasan hutan dan semak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terbakar. Warga dan TNI berusaha mencegah api agar tidak menyebar.

Kebakaran diketahui sekitar pukul 12.00 WIB siang, Kamis (29/9/2011). Dua titik api terdeteksi, masing-masing di blok Depok Lemoh dan Lambosir di Desa Setia Negara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


"Ini laporan dari Masyarakat Peduli Api (MPA). Yang mengetahui adanya asap di Lambosir," kata Edi Sukur salah satu anggota MPA Desa Trijaya, Kecamatan Cilimus.

Setelah dicek, ternyata api sudah melalap semak dan sebagian hutan pinus. "Kami langsung berkoordinasi dengan aparat TNI dan Satpol PP serta MPA di desa-desa terdekat," kata Camat Cilimus R Kuntjoro.

Hingga saat ini, sekitar 10 hektar lahan sudah terbakar. "Agar tidak menyebar, penanggulangannya dengan cara membuar sekat bakaran," lanjut Kuntjoro.

Pemadaman juga dilakukan oleh petugas dari TNGC, dengan menggunakan kendaraan slip on penyempot air.
Tetapi kondisi lokasi yang berjurang dan berbatu menyulitkan pemadaman menggunakan slip on.

Kebakaran kawasan TNGC di kecamatan Clilimus ini, adalah yang pertama di tahun ini. Penyebab kebakaran belum diketahui. Namun, kemarau diduga menjadi penyebab api mudah menyebar.

"Penyebab kebakaran belum diketahui, namun kondisi yang kering akibat kemarau semakin mempercepat api menjalar," kata Kuntjoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar