Rabu, 05 Oktober 2011

Situs Warisan Dunia Tak Luput dari Banjir Thailand

Detiknews/ Bangkok - Sedikitnya 224 orang tewas akibat banjir di Thailand sejak dua bulan terakhir. Air juga telah menggenangi situs warisan dunia yang berusia lebih dari 400 tahun, yakni kuil Chai Wattanaram di kota kuno Ayutthaya.


"Ketinggian air sekarang sampai 1,5 meter. Sedikitnya 150 tentara dikerahkan di daerah tersebut untuk memperbaiki tanggul," kata Gubernur Provinsi Ayutthaya, Wittaya Pewpong, seperti dilansir reuters, Rabu (5/10/2011).

Dia mengatakan lebih dari 200 dari 500 kuil kuno di provinsi itu telah terendam banjir.

Thailand beberapa bulan terakhir dilanda banjir besar yang disebabkan oleh badai tropis yang diikuti oleh hujan musiman, yang biasanya jatuh mulai Agustus hingga Oktober.

Menteri Kebudayaan Sukumol Kunplome menyatakan kerusakan ke situs bersejarah di seluruh negara Gajah Putih tersebut setidaknya merugikan negara sebesar 100 juta baht (US$ 3,2 juta).

Banjir juga mempengaruhi aktivitas Bangkok, yang terletak hanya dua meter di atas permukaan laut. Sungai Chao Phraya meluap ke jalan di beberapa daerah, meskipun pemerintah telah diperkuat tanggul untuk mencegah banjir yang lebih parah.

Hampir 3 juta hektar lahan pertanian juga dilaporkan terendam banjir ini. Pemerintah telah menyetujui sedikitnya 8 miliar baht (US$ 256 juta) sebagai kompensasi bagi petani yang terkena dampak banjir.

- Detiknews.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar