Senin, 07 November 2011

Segenggam Kacang Gempur Lemak di Perut

Kacang yang krenyes renyah gurih selalu asyik jadi camilan saat santai. Rasa gurih renyahnya bukan hanya enak dan mengenyangkan tetapi punya sejumlah khasiat. Di antaranya mampu menggempur lemak di perut!

Riset terbaru menyebutkan segenggam kacang tidak hanya memberi rasa kenyang yang enak tetapi juga bisa menggempur lemak di bagian perut. Penemuan ini mengungkap hubungan antara konsumsi kacang-kacangan dan serotonin. Serotonin adalah zat yang mampu menurunkan nafsu makan, meningkatkan rasa bahagia, dan juga memelihara kesehatan jantung.


Peneliti dari University of Barcelona, yang dipimpin oleh Cristina Andris-Lacueva, seperti yang dikutip Daily Mail, menyatakan bahwa zat serotin pada kacang-kacangan mampu meningkatkan ekskresi serotonin pada metabolisme tubuh.

Selain memiliki zat serotonin yang mampu membakar lemak dalam tubuh,kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak sehat dan antioksidan tinggi. Zat ini mengurangi resiko terkena diabetes tipe2, serangan jantung dan mencegah bobot tubuh bertambah.

Peneliti dari University of Barcelona mengatakan bahwa makan 30 gram kacang-kacangan seperti walnut, almond, hazelnut, setiap hari secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan memelihara berat badan tetap ideal.

Peneliti mengamati 22 pasien yang melakukan diet kacang selama 12 minggu, lalu dibandingkan dengan kelompok lain yang melakukan diet tanpa kacang. Urin yang dihasilkan oleh pasien tersebut kemudian dievaluasi.

Dari hasil yang didapat, mereka yang makan 30 gram kacang sehari memiliki kadar serotonin yang lebih tinggi. Sekitar 90 % serotonin pada tubuh terletak di usus, sisanya ditemukan pada sistem saraf pusat untuk mengatur suasana hati dan nafsu makan.

Sementara itu, sebuah studi yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture (USDA), yang diterbitkan di British Journal of Nutrition juga menemukan bahwa kacang pistachio dapat menurunkan berat badan dan membuat jantung sehat.

'Pistachio memiliki banyak manfaat buat tubuh dan nutrisinya mampu memelihara berat badan tetap ideal dan jantung sehat,' kata David Bear, koordinator riset. Temuan ini bertolak belakang dengan anggapan smeentara orang bahwa makan kacang-kacangan akan menambah lemak dan kalori.

Sumber : http://www.detikfood.com/read/2011/11/07/144737/1762057/900/segenggam-kacang-gempur-lemak-di-perut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar