Senin, 07 November 2011

'French Toast', Roti Telur dari Prancis

Roti yang satu ini sering disajikan sebagai pilihan menu sarapan di hotel atau restoran dan kafe. Bahan utamanya sederhana. Bisa dibuat dengan rasa manis atau gurih. Lapisan telurnya yang mengering di bagian luar bikin roti ini gurih enak!

Nama lain dari 'French Toast' adalah 'Eggy Bread'. Konon asal muasalnya dari Portugal atau Brazilia. Terbuat dari roti tawar yang dicelup adonan susu dan telur kemudian dimasak dalam wajan berisi mentega panas. Hasilnya bagian luarnya kering kecokelatan dan bagian dalamnya lembut.

Versi penyajiannya juga beragam. Ada yang ditambahkan gula dan kayu manis kemudian dimakan dengan potongan buah, madu, krim segar, saus buah atau saus cokelat. Ada juga yang disajikan gurih dengan keju parut, mayones, sosis dan telur. Jadi variasinya tergantung selera.

Asal nama 'French Toast' konon untuk membedakan dengan roti panggang Amerika karena roti panggang ini diciptakan oleh seorang chef Prancis. Sudah menjadi bagian menu sarapan orang Amerika dan Eropa sejak ratusan tahun silam.

Kini di seluruh negara di dunia ada beragam variasi French Toast. Di HongKong French Toast disajikan dengan cara sederhana. Rotinya dibuat agak kering kemudian disajikan panas dengan mentega dan madu atau sirop maple.

Variasi lainnya, dengan cara diisi, dua lembar French Toast diisi dengan potongan buah segar dengan olesan krim segar. Atau diberi telur mata sapi dengan sosis dan daging asap. Jadi, mirip dengan sandwich.

Kalau ingin membuat sendiri, caranya mudah. Lebih baik lagi jika rotinya sudah menginap semalam.
Kocok telur bersama krim segar atau susu. Bisa ditambahkan gula atau garam tergantung jenis French Toast yang diinginkan. Potong roti tawar (bisa roti tawar biasa atau French bread) bentuk segitiga. Celupkan potongan roti ini ke dalam telur kocok.

Selanjutnya, masak di dalam wajan panas yang berisi mentega leleh hingga kedua sisinya kuning kecokelatan dan agak kering. Angkat roti dan sajikan hangat dengan pelengkap sesuai selera. Buah segar, sosis, madu, keju, mayones, dan lain-lain. Mau coba?

Sumber : http://www.detikfood.com/read/2011/11/07/101008/1761637/482/french-toast-roti-telur-dari-prancis?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar