Senin, 26 September 2011

Ada 14 Ruas Tol Yang Bakal Naik

Sumber : Detikfinance

Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan akan ada 14 ruas tol yang tarifnya dinaikkan mulai akhir bulan ini. Awalnya hanya 10 ruas tol yang akan naik, tapi setelah evaluasi ternyata ada 14 ruas.


Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Ahmad Ghani Ghazali kepada detikFinance, Sabtu (24/9/2011).

"Iya benar ada 14," ujar Gani singkat menjawab pertanyaan soal kenaikan 14 ruas tol.

Namun Gani belum membeberkan berapa kenaikan tarif tol yang akan diterapkan oleh pemerintah. Selain itu kenaikan tarif ini juga masih menunggu keluarnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum.

Adapun 14 ruas tol yang akan dinaikkan tarifnya adalah:

Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (panjang 59 km)
Tol Jakarta-Tangerang (33 km)
Tol dalam kota Padalarang-Cileunyi (64,4 km)
Tol Semarang Seksi A,B,C (24,75 km)
Tol Surabaya-Gempol (49 km)
Tol Palimanan-Kanci (26,3 km)
Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang/Cipularang (58,5 km)
Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,70 km)
Tol Serpong-Pondok Aren (7,25 km)
Tol Tangerang-Merak (72,45 km)
Tol Ujung Pandang tahap I dan II (6,05 km)
Tol Ulujami-Bintaro (5,55 km).
Tol Dalam Kota
Lingkar Luar Jakarta

Penyesuaian tarif tol selama ini merujuk pada pasal 48 Undang-Undang (UU) 38 Tahun 2004 tentang Jalan, serta Peraturan Pemerintah (PP) No.15 Tahun 2005 mengenai jalan tol, khususnya pasal 68 yang mengatur soal evaluasi dan penyesuaian tarif tol yang dilakukan setiap 2 tahun sekali dan disesuaikan dengan inflasi. Dari perhitungan operator jalan tol, PT Jasa Marga Tbk, rencananya kenaikan tarif jalan tol ini akan berada di kisaran 11 persen hingga 12 persen.

Tarif Tol Naik 11 %

PT Jasa Marga Tbk memperkirakan kenaikan tarif tol akan mencapai sekitar 11%. Dari 14 ruas tol yang rencananya naik, 11 ruas tol di antaranya merupakan milik Jasa Marga.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito ketika ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (26/9/2011).

"Saya nggak tahu kan ada pembulatan-pembulatan. Tapi mungkin sekitar 11%, tapi nggak persis karena ada pembulatan," jelasnya.

Frans mengatakan, 11 tol milik Jasa Marga akan dinaikkan tarifnya. Ruas tol Cikampek dan Sedyatmo (bandara Soekarno-Hatta) tidak naik karena sudah dinaikkan tarifnya tahun lalu.

"Kenaikan tinggal menunggu keluarnya Keputusan Menteri PU akhir bulan ini," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan sudah ada daftar ruas-ruas tol yang akan dinaikkan, semua dievaluasi apakah sudah memenuhi standar minimal pelayanan sehingga layak dinaikkan tarifnya.

"Semua sudah memenuhi persyaratan, tinggal ditetapkan. Kenaikan ini rutin 2 tahunan," kata Hermanto.

- Detikfinance -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar