Jumat, 07 Oktober 2011

Rakyat Afghanistan Lakukan Protes Anti-AS

Okezone.com/ Kabul - Sebanyak ratusan warga Afghanistan melakukan aksi protes di Kota Kabul hari ini untuk merayakan 10 tahun invasi Amerika Serikat (AS) di Afghanistan. Mereka juga mengecam pendudukan AS dan menuntut penarikan mundur seluruh pasukan asing.


Sekira 300 warga Afghanistan berkumpul pagi ini dengan membawa spanduk yang menuding AS melakukan pembantaian terhadap warga sipil Afghanistan. Pengunjuk rasa juga mengecam Presiden Afghanistan Hamid Karzai sebagai boneka AS.

"Pendudukan, pembantaian, brutalitas," kata-kata tersebut tertulis dalam sebuah spanduk yang dibawa oleh para demonstran Afghanistan. Demikian seperti diberitakan Reuters, Kamis (6/10/2011).

Demonstrasi tersebut digelar di dekat tempat peribadatan dan sungai yang terletak di Kota Kabul selama tiga jam. Demonstrasi tersebut juga berakhir dengan damai.

Presiden Karzai naik ke kursi Presiden Afghanistan pada Juni 2002 silam, setelah North Atlantic Treaty Organization (NATO) dan juga AS masuk ke Kabul untuk mengusir rezim Taliban.

"10 tahun setelah invasi AS, kami merasakan penderitaan, instabilitas dan kemiskinan di negeri kami," ujar salah seorang demonstran Hafizullah Rasikh.

- Okezone.com -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar