Minggu, 18 Desember 2011

Al-Sadd Tundukkan Kashiwa Lewat Adu Penalti

FIFA Club World Cup Japan 2011

Getty Images
Al-Sadd merebut tempat ketiga di Piala Dunia Antarklub, setelah memenangi duel melawan wakil tuan rumah Kashiwa Reysol di babak adu penalti yang dijalani usai kedua tim bermain 0-0 di waktu normal.

Di Stadion Internasional Yokohama, Minggu (18/12/2011) sore WIB, pertandingan harus memasuki babak adu penalti setelah kedua tim terus bermain imbang selama 2x45 menit.


Di babak adu penalti, seluruh kelima penendang Al-Sadd sukses melakukan tugasnya. Sementara kegagalan Hayashi yang jadi penendang ketiga Kashima membuat klub Jepang itu kalah 3-5.

Jalannya Pertandingan

Kashiwa mencatat peluang emas pada menit 26, ketika sepakan keras Tanaka masih menghantam tiang gawang Al-Sadd.

Peluang lain dibuat Tanaka beberapa menit kemudian. Menyambut umpan tarik Sakai, tembakan Tanaka masih bisa dihalau kiper. Tandukan Kitajima dari sepak pojok juga belum menemui sasaran.

Kesalahan di lini belakang Kashiwa membuat bola bisa dikuasai Niang yang berada di sisi kiri gawang. Ia bisa melepaskan tembakan keras yang dapat diblok kiper Sugeno.

Pada menit 34, Keita menyambut operan jitu dan langsung melepaskan tembakan keras ke arah gawang Kashiwa. Bola lagi-lagi bisa dihalau Sugeno.

Penyelamatan apik dilakukan Saqr Ahmed di bawah mistar gawang Al-Sadd pada menit 40, setelah menepis bola tandukan Kitajima yang mengarah deras ke gawangnya.

Kedua kesebelasan masih jual-beli serangan di paruh kedua pertandingan, meski belum ada peluang emas yang tercipta sampai pertengahan babak tersebut.

Kelengahan lini belakang Al-Sadd pada menit 62 nyaris berbuah gol. Kitajima berhasil menjinakkan bola umpan silang tetapi sepakannya berhasil dihadang Saqr Ahmed dari jarak dekat, setelah si kiper menerjang maju.

Serangan demi serangan kemudian dilancarkan Kashiwa ke gawang Al-Sadd. Salah satunya lahir dari sepakan Wagner pada menit 70 yang masih mengarah tepat ke kiper.

Gantian Sugeno yang diuji di bawah mistar gawang pada menit 74. Dari tendangan bebas, Abdulmajed melepaskan tembakan yang melaju keras ke gawang Kashiwa, untuk ditepis Sugeno.

Tujuh menit sebelum bubaran, Barada melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Saqr Ahmed masih sigap dan "terbang" untuk menepis bola.

Beberapa menit kemudian peluang emas lahir di sisi gawang lain. Niang lolos dari jebakan offside dan menyontek bola melewati kepala kiper yang coba menutup ruang. Tapi bola masih mengenai pemain Kashiwa dan melambung sedikit di atas mistar untuk menghasilkan sepak pojok saja.

Setelah bermain imbang 0-0, pertandingan memasuki babak adu penalti.

Niang maju pertama kali dari Al-Sadd dan menuntaskan sepakannya. Wagner membalas dengan baik.

Keita yang menjadi penendan kedua Al-Sadd juga sukses menceploskan bola, sebagaimana halnya Sawa dari Kashima.

Ibrahim Majid juga sukses mengeksekusi bola. Tetapi Hayashi yang jadi penendang ketiga Kashima gagal setelah bola ditepis Saqr Ahmed.

Al Haydos memperbesar peluang Al-Sadd, meski Otani bisa menjaga asa timnya. Al-Sadd dipastikan menang setelah sepakan Belhadj masuk.

Susunan Pemain:

Kashiwa Reysol: Takanori Sugeno; Naoya Kondo, Hiroki Sakai, Tatsuya Masushima, Wataru Hashimoto, Hidekazu Otani, Jorge Wagner, Akimi Barada, Koki Mizuno, Hideaki Kitajima (Ryohei Hayashi 81'), Junya Tanaka (Masakatsu Sawa 75').

Al-Sadd: Mohamed Saqr Ahmed; Nadir Belhadj, Jung-Soo Lee, Mesaad Ali Al Hamad (Tahir Muhammad 93'), Ibrahim Majid, Abdulla Koni, Wesam Rizik Abdulmajid, Mohammed Abdulrabb Al-yazeedi (Hasan Al Haydos 82'), Kader Keita, Khalfan Al-Khalfan (Ali Afif 72'), Mamadou Niang.

- Detiksport -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar