Sabtu, 05 November 2011

600 Ribu Akun Facebook Rentan Dibobol

Situs jejaring sosial Facebook akhirnya mengakui kalau setiap harinya ada ribuan akun pengguna yang coba dibobol oleh penjahat cyber. Tak tanggung-tanggung, setiap harinya ada 600 ribu akun yang tercatat coba dibobol.

"Para pelaku kejahatan cyber itu berusaha mengakses pesan, foto, dan informasi personal lain milik pengguna," sebut Facebook yang detikINET kutip dari Telegraph, Senin (31/10/2011).


Ini pertama kalinya Facebook mengungkap data yang memperlihatkan bagaimana hacker setiap harinya berupaya membombardir layanannya. Facebook mempublikasikan data tersebut melalui blog resminya sekaligus mengumumkan langkah-langkah keamanan baru yang akan diterapkan beberapa pekan lagi.

Graham Cluley, konsultan teknologi dari firma keamanan internet dan komputer Sophos menyebutkan apa yang diungkapkan Facebook adalah sesuatu yang perlu mendapat perhatian serius.

"Ketika hacker mengambil alih akun Facebook, mereka bisa memposting gambar, mengirim pesan dan mengakses semua informasi pribadi si pengguna. Facebook memiliki banyak masalah keamanan yang saat ini tengah coba diperbaikinya," kata Cluley.

Disebutkannya, alasan yang paling umum mengapa hacker berupaya meretas akun Facebook adalah agar mereka bisa menyebar scam. Sculely menyarankan agar pengguna lebih berhati-hati saat memilih password dan menanggapi tawaran apapun dari teman Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar