Selasa, 20 September 2011

Awet muda dengan terapi makanan

www.anekatips.web.id - Penuaan yang merupakan proses alamiah yang tak bisa dihindari, tapi bisa ditunda. Di zaman modern ini, banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjadi muda. Tapi ada cara yang lebih mudah dan murah untuk mendapatkan khasiat yang sama. Anda tak perlu pergi jauh-jauh. Bahan-bahan tersebut tersedia di dapur Anda.

Terapi makanan termasuk salah satu cara ampuh untuk mencegah kerut, mengatasi lingkaran hitam, dan perubahan warna kulit. Menurut filosofi pengobatan tradisional Cina, kecantikan eksternal adalah cermin yang memantulkan kesehatan internal. Makanan-makanan tertentu dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan internal yang mengakibatkan timbulnya berbagai masalah kulit. Salah satu ciri khas pengobatan Cina adalah, hasilnya baru bisa dilihat secara bertahap. Untuk mendapatkan hasil terbaik sering kali harus dibantu dengan cara lainnya. Misalnya dengan jamu, akupuntur, dan akupresur.
Banyak makanan yang dapat membantu mengembalikan kelembapan dan chi pada kulit ketika usia bertambah.

Makanan yang meningkatkan kesehatan kulit adalah :
> apel > pir > buah-buah berry > ceri > plum
> almond > walnut > sayuran daun hijau > wijen hitam > avokad
Makanan yang dapat membantu kulit kering adalah :
> buah pir > pisang > apel > berry > melon > plum > angco > avokad
> kacang hitam > kacang hijau > kacang tanah > almond > minyak zaitun > ikan > ayam > tahu
Makanan untuk detoksifikasi terdiri dari :
> asparagus > sayuran hijau > mentimun > lettuce
> buncis > sebagian besar buah (kecuali sitrus) > kacang hijau > madu

Menurut pengobatan tradisional Cina, makanan-makanan ini membantu menjaga keseimbangan darah, chi, kelembapan, yin dan yang -yang akan tercermin di wajah dan kulit. Kadang ketidakseimbangan ini tampil di wajah dalam bentuk kulit kemerahan, kulit kering, jerawat, kerut, kulit kendur atau lingkaran hitam. Untuk awet muda, coba tambahan makanan berikut :

OYONG/GAMBAS
Sayuran biasa, murah dan mudah didapatkan ini digunakan untuk mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata dan kerut. Selain dijadikan berbagai masakan, juga bisa digunakan dengan dioleskan di wajah. Caranya, kupas oyong, peras airnya dan langsung oleskan ke wajah.
Khasiat :
Mencegah kerut, membantu mengatasi bintik hitam dan meratakan warna kulit.
KESEMAK
Sejak berabad-abad lalu digunakan untuk mendinginkan badan, memberikan nutrisi pada paru dan melembapkan kulit. Semua khasiat ini dapat memperbaiki kondisi kulit wajah. Di pasar di jual beberapa jenis kesemak. Selain kesemak lokal, terdapat kesemak Cina dan Amerika. Pastikan pilih yang matang. Kupas kulitnya, makan buahnya. Tempelkan kulitnya ke wajah untuk mencerahkan wajah. Selain kesemak segar, juga tersedia kesemak yang dikeringkan.
GINKGO NUT
Dalam bahasa Cina disebut Bai Gou. Khasiat kesehatan ekstrak daun ginkgo sudah dikenal di manca negara. Riset modern menunjukkan, antioksidan di dalam ginkgo berkhasiat meningkatkan peredaran darah dan bahkan dapat memperlambat kehilangan ingatan. Di Cina, buah dari ginkgosering digunakan sebagai obat. Berkhasiat untuk memberikan nutrisi pada paru. Untuk perawatan wajah, paling baik gunakan ginkgo segar. Bisa dibeli di supermarket terkemuka (dijual dalam kemasan plastik kedap udara). Haluskan menjadi adonan lalu oleskan pada wajah.
LABU BLIGO
Sayuran ini sering dijadikan sup dalam masakan Cina. Berkhasiat untuk jantung, detoksifikasi tubuh dan mempercantik kulit. Bisa dimakan sebagai makanan atau dalam bentuk jamu untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah.
Untuk pemakaian topikal, siapkan sepotong kecil labu bligo. Haluskan dan oleskan ke kulit untuk mencerahkan kulit wajah.
LOBAK PUTIH
Berkhasiat detoksifikasi kulit dan mempercantik kulit jika dimakan secara teratur. Selain dijadikan sup, juga bisa ditambahkan pada salad. Untuk mencerahkan kulit wajah, bisa juga dengan minum jus lobak putih perasan segar 1/2 cup setiap hari.

Sumber : www.anekatips.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar