Jumat, 18 November 2011

7 Khasiat Teh Hijau

Jenis teh yang satu ini memang sangat populer karena kandungan antioksidannya. Dinikmati sebagai minuman hangat dan dingin. Rasanya pahit-pahit enak dan segar. Kandungan nutrsinya mampu mengatasi berbagai penyakit kronis.


Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dari daun Camelia sinensis, yang sudah mengalami oksidasi minimal dalam proses pembuatannya. Teh ini sudah sejak 4000 tahun silam dikenal oleh masyarkat Cina sebagai obat depresi dan sakit kepala. Kini teh hijau sangat populer di Amerika dan Eropa.

Beberapa riset di Asia dan dunia memberi bukti kuat tentang khasiat teh hijau untuk kesehatan. Teh hijau memiliki kandungan mineral dan antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah Kanker
Teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol yang baik untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Juga membantu mencegah kanker pencernaan, kanker lambung, kanker usus, kanker paru-paru dan payudara.

2. Menurunkan Berat badan
Penelitian baru dari Swiss menyatakan bahwa minum teh hijau secara rutin bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 4%. Teh hijau juga rendah kalori dan banyak mengandung air yang bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Mengurangi Resiko Jantung
Antioksidan dan EGCG (epigallocatechin-gallate) pada teh hijau efektif bisa mencegah penumpukan plak pada dinding arteri yang menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi, gula darah serta kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Mencegah Diabetes Tipe 2
Teh hijau kaya polisakarida dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Minum teh hijau dan produk olahannya secara rutin bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe2.

5. Mengatasi Masalah Kulit
Minum teh hijau secara rutin setiap hari merupakan solusi alami untuk menyingkirkan keriput, noda hitam, mencegah timbulnya jerawat dan kutil pada kulit.

6. Merawat Gigi
Teh hijau mengandung fluoride yang baik buat gigi. Minum teh hijau bisa mencegah proses pembentukan plak dan menghancurkan bakteri yang bisa menimbulkan plak baru serta mencegah aroma tak sedap pada mulut.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Flavonoid, antioksidan dan polifenol pada teh hijau mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara signifikan sehingga terhindar dari serangan virus yang menyebabkan flu, batuk, dan pilek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar