Jumat, 18 November 2011

5 Sayuran Sederhana yang Kaya Khasiat

Makan sehat bukan berarti mahal. Banyak sayuran sederhana dan murah yang bisa memberi asupan nutrisi hebat buat tubuh. Seperti brokoli, kubis atau tauge. Sejumlah vitamin, serat dan mineralnya mampu mengatasi berbagai penyakit kronis.


Makan bukan hanya agar perut kenyang tetapi juga agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Sayuran segar diperlukan untuk memenuhi kebutuhan serat, mineral dan vitamin. Sayuran sederhana yang banyak ditemui sehari-hari ternyata punya kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. Seperti 5 sayuran berikut ini:

1. Brokoli
Brokoli bisa mencegah penyakit kanker, jantung dan stroke. Zat besi pada brokoli juga sangat baik untuk pasien anemia. Makan brokoli rebus atau kukus yang masih renyah untuk mendapatkan nutrisinya yang lengkap.

2. Kubis
Kubis mentah atau dimasak, mempunyai banyak manfaat. Baik untuk kesehatan kulit dan mata serta kaya vitamin A. Fitonutrien pada kubis juga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas, memelihara kesehatan paru-paru, perut, dan mencegah kanker prostat serta kanker usus besar. Makan kubis secara teratur tidak hanya bisa mencegah sejumlah penyakit, tetapi juga mendapat asupan yodium yang dibutuhkan dalam pengembangan otot.

3. Tauge
Jenis sayuran ini kaya akan vitamin A, B, C dan E, serta kalsium, zat besi, dan potasium. Makan tauge segar bisa mencukupi 75% kebutuhan vitamin C harian. Lebih baik makan tauge dalam keadaan segar.

4. Bayam
Bayam mengandung karotenoid yang membantu mencegah kanker. Juga mengandung vitamin C dan A yang bisa membantu menjaga penglihatan dan membuat kulit lebih bersinar. Tingkat potasium yang tinggi pada bayam sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Bayam juga memperkuat otot dan membantu mengatasi masalah anemia.

5. Selada
Tergantung pada jenisnya, nutrisi dalam selada bervariasi. Selada Romaine disebut-sebut sebagai yang paling menyehatkan karena kandungan vitamin A, B, C, asam folat, mangan, dan kromium. Sumber zat besi nya sangat bagus untuk membantu pembentukan darah. Juga mengandung magnesium yang vital untuk otak dan saraf.

Sumber : Detikfood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar