Kamis, 13 Oktober 2011

Perkebunan Teh Malabar


Perkebunan Teh Malabar merupakan perkebunan yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Kawasan agrowisata ini terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini diberkahi oleh dengan pemandangan yang indah dari hamparan pegunungan yang diliputi oleh tanaman teh segar.

Berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, sudah tentu kawasan ini diselimuti udara yang dingin. Berjalan kaki mengelilingi perkebunan merupakan aktivitas favorit bagi pengunjung perkebunan. Di sini Anda juga dapat belajar untuk memproses minuman teh dari mulai memetik daunnya hingga mengolahnya sampai dapat dikonsumsi.
Nuansa tempo dulu sangat terasa di sini, ditambah pula adanya bangunan kuno warisan masa kolonial seperti guest house, perumahan admin serta karyawan, pabrik-pabrik teh, taman-taman dan jalan-jalannya dengan gaya arsitektur masa kolonial yang sampai saat ini masih dirawat dengan baik oleh para ahli warisnya. Di kawasan ini juga terdapat Moseleum atau makam Karel Albert Rudolf Bosscha (pendiri observatorium Bosscha yang ada di Lembang), yang terletak di tengah-tengah perkebunan.
Untuk sampai di sini, Anda dapat menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Bandung dengan jarak kurang lebih 40 km selama 55 menit.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat
Jln. RE Martadinata 209, Bandung
Telepon: (022) 7271385, 7273209, dan 7234654
Website: http//www.westjava-indonesia.com
Email    : disbudpar@wetjava-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar