Kamis, 15 September 2011

Makan & Kesehatan Utama

Para ahli gizi terkemuka di Amerika menemukan, sebagian orang melakukan kesalahan dalam memilih makanan. Berikut, kesalahan utama yang dilakukan.

Porsi super
Orang-orang Amerika menduga porsi super yang ditawarkan restoran adalah penghematan uang. Padahal tawaran ini tidak sehat karena mengandung terlalu banyak kalori.
Pilihan cerdik : Nilai telapak tangan Anda, bukan dompet. Satu takaran saji harus muat dalam telapak tangan. Untuk sebagian besar makanan, pilih 1 protein, 1 zat tepung, 1 sayuran, dan 1 buah berdasarkan takaran saji yang muat dalam telapak tangan Anda.

Tak bisa membedakan lemak baik dan lemak buruk
Sebagian besar orang belum mendapatkan lemak yang justru baik untuk kesehatan. Menurut American Heart Association, kita harus menghindari lemak jenuh dan lemak-lemak trans, tapi perlu lemak-lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh jamak. Sumber-sumber yang baik antara lain ikan, kacang-kacangan (nut), avokad, minyak kedelai, dan minyak canola.
Pilihan cerdik : Dapatkan lemak baik. Jika Anda memperhatikan total kalori, Anda tak akan cemas dengan jumlah lemak yang dimakan, tapi jenisnya.

Tak tahu rasa lapar yang sebenarnya
Jika kita tak tahu kapan kita lapar, kita juga tak akan tahu ketika kenyang sehingga makan terus.
Pilihan cerdik : Makan secara sadar. Caranya : Sebelum makan, rileks dan nilai rasa lapar Anda dari 1 (untuk paling lapar) dan 7 (paling kenyang). Makan secara perlahan, sering-sering istirahat untuk menilai perubahan rasa lapar Anda.Sesudah selesai, nilai diri Anda sekali lagi. Coba berkisar antara 2 1/2 dan 5 1/2, tidak terlalu besar ketika Anda mulai.

Menganggap cairan tidak mengandung kalori
Minuman soda dan jus mengandung banyak gula. Minuman bergula memperbesar intake kalori dan memeras lebih banyak makanan bergizi.
Pilihan cerdik : Coba minum teh. Minuman bebas kalori ini menjaga kesehatan jantung, mencegah jenis-jenis kanker tertentu, menguatkan tulang dan gigi, dan melindungi kulit.
Sumber : www.anekatips.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar