Kamis, 15 September 2011

Kebiasaan - kebiasaan yang dapat memperpanjang umur

Menurut para ahli, tubuh kita sebenarnya dirancang untuk hidup sampai 100 tahun. Yang harus dilakukan adalah, perhatikan secara jujur kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup Anda. Sebagian besar dari kita mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang membatasi potensi ini. Hal-hal yang kita lakukan di masa lalu dapat diubah, dan tubuh akan merespon. Perlu waktu 14 sampai 21 hari untuk membentuk pola baru di dalam otak. Begitu pola terbentuk, secara otomatis akan menjadi respon perilaku.

   Kebiasaan-kebiasaan baru yang sehat akan menggantikan kebiasaan-kebiasaan buruk. Kebiasaan baik ini teruji dan terbukti pada orang-orang lanjut usia di seluruh dunia. Berikut, kebiasaan baik yang harus dilakukan.

- Makan 5 kali sehari dalam porsi kecil.
   Dalam budaya barat, makan dilakukan 3 kali sehari. Tapi akan jauh lebih baik makan 5 kali sehari dalam porsi kecil karena memberikan aliran nutrien, gula darah, dan energi yang mantap kepada tubuh di sepanjang hari. Selain itu, makan dengan cara ini juga tidak melelahkan sistem pencernaan dan metabolik dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.


-  Naik tangga ketimbang lift
   Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesejahteraan psikologis, menguatkan sistem imun, mempertahankan mobilitas sendi, meningkatkan energi dan lain-lain. Cari kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik di sepanjang hari. Jalan kaki, lari, atau bersepeda ketimbang mengemudi. Bergabung dengan gym dan Anda akan merasakan khasiat kesehatannya.

-  Tertawa
    Riset menunjukkan, tertawa dan kebahagiaan dapat meningkatkan sistem imun, terutama produksi sel-sel pembunuh alamiah yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker. Tawa juga meningkatkan pelepasan endorpins, senyawa yang menimbulkan rasa sejahtera di dalam otak. Itu sebabnya, orang-orang bahagia lebih panjang umur dan sehat.   



-  Minum 8 gelas air setiap hari
    Air penting untuk semua fungsi sehat tubuh. Orang-orang lanjut usia dari seluruh dunia mengatakan air di tanah airnya adalah sumber kesehatan dan panjang umur. Para ahli setuju. Mereka semua mempunyai sumber air yang jauh dari kota, bebas dari zat kimia dan toksin.
    Pilih air filter. Proses filterisasi terbaik adalah yang menggunakan arang yang diaktivasi, membersihkan kotoran tapi meninggalkan mineral larut air. Selain itu, jangan simpan air di dalam wadah plastik karena polychlorinated bophenyls (PCB) dapat bocor ke dalam air.


-  Rileks dengan meditasi
    Stres adalah akar penyebab kebanyakan penyakit yang memperpendek umur. Dalam masyarakat modern, stres terus meningkat kecuali jika Anda mencari cara untuk meredakannya. Cara terbaik untuk melepaskan ketegangan adalah meditasi. Meditasi mengajari kita bernafas secara tepat, yang sangat penting untuk eliminasi lebih dari 70% toksin dan sampah tubuh. Juga menenangkan pikiran, menurunkan hormon stres dan mengajar disiplin diri, yang diperlukan untuk mencapai tujuan hidup sehat dan panjang umur.

Sumber :www.anekatips.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar