Kamis, 15 September 2011

Khasiat bawang putih : Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

     Menurut National Onion Association, bawang yang mengandung senyawa organosulfur yang dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Grup nirlaba ini mengatakan, anggota keluarga Allium seperti bawang bombay dan bawang putih juga mengandung alliinase, sejenis enzim yang mempercepat reaksi kimia. Alliinase membantu menciptakan senyawa yang membuat bawang mengandung zat yang membuat keluar air mata dengan aroma dan cita rasanya yang khas.
     Di dalam bawang, alliinase dan senyawa sulfur yang berkhasiat untuk kesehatan teletak pada sisi yang berlawanan dari dinding sel sampai bawang dipotong. Di saat ini, mereka lalu bereaksi menciptakan senyawa yang dapat menyebabkan keluar air mata.
     Senyawa berkhasiat untuk kesehatan yang lainnya di dalam bawang antara lain fructans, sumber serat larut yang menunjukkan kanker colorectal. Flavonoid bawang seperti quercetin, terbukti mempunyai aktivitas antioksidan. Secara nutrisional, bawang adalah sumber serat makanan, tinggi vitamin C, dan tidak mengandung kolesterol dan lemak.
    Untuk mengurangi air mata, dinginkan bawang selama 30 menit sebelum dipotong. Pendinginan memperlambat reaksi kimia.
Sumber : www.anekatips.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar