Kamis, 10 November 2011

Jika Cacar Air Menulari Kepala Negara

Cacar air (Chicken Pox) adalah penyakit yang gampang sekali menular sehingga penderitanya disarankan untuk menjauhi kontak dengan banyak orang. Tak hanya anak kecil bahkan seorang kepala negara yang hidupnya semua serba teratur pun bisa kena cacar.

Seperti yang dialami Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak yang tertular cacar hingga membuat urusan negara jadi terhambat.


Gara-gara sakit cacar, Perdana Menteri Najib Razak batal bertemu Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton pada Senin 1 November 2010.

Dikutip dari Bernama, Selasa (2/11/2010), Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton tiba di Malaysia Senin kemarin dan dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak. Namun agenda tersebut terpaksa disusun ulang karena Najib mendadak sakit.

Istri Najib, Datin Seri Rosmah Mansor mengakui bahwa sang perdana menteri tertular cacar air. Saat ini, Najib yang seumur hidup baru pertama kali terkena cacar air tersebut tengah menjalani masa pemulihan sehingga tidak bisa ditemui oleh siapapun termasuk oleh tamunya Hilarry Clinton.

"Dokter memberi Najib krim untuk menghilangkan bekas luka dan menganjurkannya minum banyak air putih untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya. Dokter juga melarangnya menggaruk kulit dan makan makanan yang memicu rasa gatal," ungkap Rosmah saat mengkonfirmasi kondisi suaminya.

Bagi seorang pemimpin seperti Najib, penyakitnya ini bukan sesuatu yang menarik simpati melainkan justru spekulasi. Kabar yang beredar, pemerintah Malaysia sangat khawatir jika Hillary akan memilih bertemu dengan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim sebagai ganti karena gagal menemui Najib.

Tak ingin tamunya menemui lawan politik, Najib telah menunjuk Menlu Malaysia Anifah Aman untuk mewakili dalam pertemuan pada hari ini. Sementara untuk menyambut tamu lain yang juga datang hari ini yakni Perdana Menteri Australia Julia Gillard, Najib menunjuk deputi perdana menteri Muhyiddin Yassin.

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Jarang ada yang terkena cacar air lebih dari sekali seumur hidup, karena begitu terinfeksi maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan terhadap penyakit ini.

Anak kecil lebih sering terkena cacar air, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Pada orang dewasa, cacar air bisa menyebabkan berbagai komplikasi terutama pada kondisi kehamilan atau sedang menjalani kemoterapi.

Biasanya orang yang terkena cacar air harus beristirahat total setidaknya 7 sampai 10 hari. Jika sedang terkena cacar air tubuh akan merasa panas dan diikuti oleh hidung yang ingusan.

"Virus cacar itu bisa menular melalui udara. Kalau misalnya ada kasus orang cacar tidak boleh terbang mungkin pertimbangan karena orang-orang disekitarnya bisa saja kena," ujar Dr Laksmi Duarsa, SPKK.

Pada orang dewasa penyakit cacar lebih lama sembuh dibandingkan dengan anak-anak. Hal ini karena daya tahan tubuh orang dewasa rentan turun karena ia harus bekerja atau memikirkan banyak hal. Sedangkan pada anak-anak umumnya bisa beristirahat dengan benar selama sakit tanpa banyak pikiran atau kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar