Selasa, 03 Januari 2012

Arsenal Kalah Dramatis di Kandang Fulham

Arsenal harus pulang dengan tangan hampa dalam kunjungannya ke markas Fulham. Sempat unggul lebih dulu, mereka akhirnya kalah 1-2 setelah tim tuan rumah mencetak gol pada masa injury time.

Bertanding di Craven Cottage, Selasa (3/1/2012) dinihari WIB, Arsenal lebih dulu memimpin pada babak pertama. Gol tercipta lewat sundulan Laurent Koscielny.


Pada babak kedua, tim tuan rumah tampil sangat ofensif. Mereka berupaya mengejar defisit gol.

Momen kebangkitan Fulham adalah diusirnya Johan Djourou pada babak kedua. Unggul jumlah pemain membuat mereka makin menggila.

Hasilnya, pada menit-menit akhir, mereka berhasil menyarangkan dua gol. Steve Sidwell dan Bobby Zamora jadi pahlawan The Cottagers.

Kekalahan ini membuat Arsenal tak beranjak dari peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 36 poin dari 20 laga. Fulham naik ke peringkat ke-13 dengan 23 poin.

Jalannya pertandingan

Arsenal tampil menekan sejak menit-menit awal. Mereka langsung membahayakan gawang Fulham yang dikawal oleh David Stockdale.

Gervinho mendapatkan peluang pada menit pertama. Tapi, tembakannya masih melambung jauh.

Berselang tujuh menit, penyerang internasional Pantai Gading itu kembali memperoleh kans. Tapi, sontekannya meneruskan sepak pojok Robin van Persie melebar.

Pada menit ke-10, giliran Fulham yang menebar ancaman lewat tembakan Zamora. Tapi, Wojciech Szczesny masih sigap mengamankan bola.

Usaha Brede Hangeland pada menit ke-15 juga tak membuahkan hasil. Memanfaatkan tendangan bebas Danny Murphy, sundulannya melayang di atas mistar.

Arsenal membuka skor pada menit ke-21. Berawal dari umpan lambung Aaron Ramsey yang berbelok arah setelah mengenai badan pemain Fulham, bola kemudian melaju ke arah Koscielny yang tak terkawal. Tanpa kesulitan, bek asal Prancis itu menyundul bola ke gawang Fulham.

Beberapa saat kemudian, Arsenal nyaris menggandakan keunggulan. Dalam sebuah kemelut di kotak penalti Fulham, tembakan Ramsey dari jarak dekat masih bisa dibendung Stockdale.

Pada menit ke-31, Fulham hampir saja menyamakan kedudukan. Bryan Ruiz melakukan aksi individu dengan meliuk-liuk melewati beberapa pemain Arsenal dan kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, arahnya masih menyamping.

Dua menit kemudian, Arsenal punya peluang bagus lewat Van Persie. Menerima umpan silang Francis Coquelin, sontekan Van Persie mengarah ke gawang Fulham, tapi masih bisa diamankan oleh Stockdale.

Stockdale kembali membuat penyelamatan penting pada menit-menit akhir babak pertama. Sambil menjatuhkan diri, dia menangkap bola hasil sepakan keras Ramsey.

Hingga berakhirnya babak pertama, Arsenal unggul 1-0.

Pada awal babak kedua, Fulham mengancam gawang Arsenal lewat usaha Ruiz. Tapi, tembakan voli pemain Kosta Rika itu masih bisa diamankan oleh Szczesny.

Percobaan yang dilakukan Sidwell pada menit ke-60 juga belum menghasilkan gol. Sepakan jarak jauhnya tipis di atas mistar.

Peluang yang didapat Philippe Senderos dan Clint Dempsey beberapa menit kemudian juga tak mengubah kedudukan. Sundulan mereka masih melebar.

Sejak menit ke-78, Arsenal harus bermain dengan 10 orang pemain. Djourou diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain, Fulham lebih leluasa menekan. Kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-85.

Dari sebuah situasi sepak pojok, bola disambut Senderos dan kemudian diteruskan Sidwell ke dalam gawang Arsenal. Szczesny yang mencoba memotong bola harus gigit jari melihat gawangnya bergetar.

Saat masa injury time memasuki menit kedua, petaka untuk Arsenal terjadi. Diawali kegagalan lini belakang mereka mengamankan sebuah umpan silang dari sisi kanan, bola jatuh ke kaki Zamora yang langsung melepas tendangan first time ke tiang dekat. Gawang Arsenal bergetar lagi.

Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Fulham.

Susunan pemain:
Fulham: Stockdale; Kelly, Hangeland, Senderos, J A Riise; Ruiz, Sidwell, Dembele, Murphy (Frei 69'), Dempsey; Zamora

Arsenal: Szczesny; Djourou, Mertesacker, Koscielny, Coquelin; Arteta, Song; Walcott (Rosicky 65'), Ramsey (Squillaci 81'), Gervinho (Benayoun 74'); Van Persie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar