Senin, 14 November 2011

Ingin Jadi Desainer Game, Kuliah Jurusan Apa?

Sumber : DetikINET


Saya mahasiswa jurusan IT dan spesifiknya jurusan teknologi media digital. Saya berencana bekerja di perusahaan game development atau animasi, tapi masalahnya tidak ada mata kuliah yang menyokong itu di kampus saya. Jadi apa yang harus saya pelajari? Saya lebih condong ingin mendesain daripada ke arah programming.

(Azka , Pria, 21th)


Dalam dunia game development, istilah desain lebih ke arah pembuatan gameplay atau aturan dalam game, sedangkan untuk yang membuat visual sebuah game biasa disebut artist. Lebih jelasnya bisa baca di blog kami.

Untuk game desain, yang perlu dipelajari adalah hal-hal apa saja yang bisa membuat sebuah game menarik untuk dimainkan, dan mendorong pemainnya untuk terus memainkan game tersebut. Pengetahuan itu bisa didapat di antaranya dengan banyak-banyak memainkan berbagai game buatan orang lain dan menyempatkan untuk menganalisa game tersebut.

Untuk game artist atau animator, ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Pastinya kamu perlu melatih kemampuan menggambar, baik tradisional atau digital, semakin banyak latihan akan semakin baik. Kamu harus belajar untuk membuat karakter dan environment dalam sebuah game.

Untuk artist game atau animator 2D kamu perlu mempelajari pembuatan animasi 2D, yang bisa dilakukan menggunakan animasi vector menggunakan Flash, atau animasi spritesheet menggunakan Photoshop.

Sedangkan untuk artist 3D, kamu perlu belajar 3D modelling, texturing, dan animasi 3D. Software yang bisa digunakan diantaranya Blender, 3ds Max, Maya, dan lain-lain.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang role Artist dalam game development, bisa dibaca di blog Agatestudio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar