Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Naik Kereta Ekonomi








Kereta Api adalah salah satu jasa angkutan massal yang sering digunakan oleh masyarakat berbagai kalangan. kereta api memang sering digemari karena harganya yang murah dibandingkan jasa kendaraan lain seperti bus dan pesawat terbang.Tarif Kereta api dibedakan menjadi tiga kelas,yaitu ekonomi,bisnis,dan eksekutif. Dari ketiga kelas kereta yang ada,kelas ekonomi sangat digemari dan menjadi favorit para pengguna jasa kereta api,hal ini disebabkan karena harganya yang murah walaupun jaraknya sangat jauh.Misalnya naik KRD Ekonomi Bandung dari Cicalengka ke Padalarang hanya Rp.1500 saja (sampai sekarang masih berlaku).Murah Bukan?

Walaupun harga murah,tapi jangan harap kita bisa menikmati kenyamanan di dalam kereta.Tak jarang kita harus rela berdiri karena tak kebagian tempat duduk.Selain itu terdapat pula pedagang yang menjajakan dagangan di dalam kereta sehingga menambah ketidaknyamanan penumpang.Celakanya lagi,terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab seperti copet atau penjahat.



Berikut ini tips naik kereta api kelas ekonomi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

1.Usahakan membeli tiket 1 hari sebelum keberangkatan.Kalau seandainya diwajibkan membeli tiket pada hari H usahakan membeli tiket beberapa jam sebelum keberangkatan.Misalnya jadwal keberangkatan pukul 09.30 jadi usahakan membeli tiket pukul 08.30 atau bahkan 07.30.

2.Datang lebih awal minimal 1 - 2 jam sebelum keberangkatan kereta.Hal ini bertujuan agar kita kebagian tempat duduk dan tidak usah berdiri.

3.Saya menyarankan untuk membawa bekal berupa air minum.Tujuannya agar tidak terlalu boros.

4.Kalau misalnya ingin buang air kecil maupun besar sebelum naik kereta buanglah di rumah atau di toilet stasiun karena kereta ekonomi umumnya tidak terjaga kebersihan toiletnya.

5.Usahakan disimpan di ransel atau tempat yang aman apabila membawa barang berharga,sebab sering terjadi copet di dalam kereta.Jangan menyimpan HP atau barang berharga lainnya di Saku celana karena sangat rawan kecopetan.

6.Jangan tergiur untuk menerima pemberian makanan dan minuman dari oknum yang tidak dikenal.Sebab di dalam makanan atau minuman terdapat obat bius yang membuat orang yang memakan makanan yang dibawa oleh oknum tidak sadarkan diri.Akhirnya oknum tersebut mengambil barang berharga milik korban.

7.Saat melakukan pembelian makanan , minuman atau barang di dalam kereta pastikan terlebih dahulu isi makanan,minuman atau barang tersebut dengan menanyakan kepada penjual yang bersangkutan agar tidak menyesal nantinya kalau makanan atau barang yang kita beli tidak sesuai keinginan.kalau bisa nego dulu.

Itulah tips - tips dari World Spot.Semoga tips ini bisa membantu agar aman , nyaman dan tertib serta tidak kecopetan saat naik kereta api kelas ekonomi.Jika ada pertanyaan silahkan di comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar