Kamis, 11 Agustus 2011

Biografi J.William Gibbs


Ketika Euler (fisikawan Prancis) masih hidup, konsep vektor belum ditemukan sehingga ia harus merumuskan hubungan antara gaya dan percepatan begitu rumit dan panjang di dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1747. Namun, saat ini hubungan antara gaya dan percepatan yang dikenal sebagai hukum II Newton, dituliskan dengan persamaan yang lebih ringkas dan sederhana. Konsep vektor yang saat ini dipergunakan adalah hasil karya Josiah Willard Gibbs.

Willard Gibbs dilahirkan di kota New Heaven di wilayah Connecticut dan melewatkan sebagian besar hidupnya di Yale College, tempat ayahnya menjadi profesor.Tesisnya berhasil mendapat gelar Ph.D dalam bidang teknik yang pertama di Amerika Serikat. Setelah bekerja beberapa tahun di Eropa, ia kembali ke New Heaven tahun 1871 dan mulai bekerja di universitas Yale sebagai profesor dalam bidang Fisika Matematika. Gibbs mempunyai minat yang besar dalam bidang penemuan dan hal-hal praktis.

Ia mempunyai hak paten untuk proyek pengembangan rem gas pada kereta api. Akan tetapi,minatnya yang lebih besar adalah kajian teoritis Fisika Matematika daripada Fisika Eksperimen. Gibbs Berupaya untuk memahami dan menjelaskan proses matematis di alam dalam bidang matematika tingkat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar